TINGKATKAN AKUNTABILITAS KINERJA, BAPPEDA GELAR BIMBINGAN TEKNIS

Media-Bappeda. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terus berupaya meningkatkan akuntabilitas kinerjanya. Dalam upaya tersebut, maka Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan narasumber utama Bapak Kamarudin, Ak, M.Sc Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, Dan Pengawasan I Kementerian Pendayagunaan Apartur Dan Reformasi Birokrasi. Acara dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2019 bertempat di Ruang Pola Bappeda Kabupaten Bengkulu Utara dengan peserta seluruh Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

SAKIP merupakan siklus dari perencanaan, penganggaran, pengukuran, pelaporan serta evaluasi kinerja yang terintegrasi dengan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan. sakip merupakan upaya untuk membangun pemerintah yang akuntabel dan terukur, sehingga pemerintah mampu mempertanggung jawabkan hasil/manfaat kepada masyarakat.  jika sebelum reformasi, orientasi akuntabilitas dalam manajemen pemerintah terbatas hanya pada aspek keuangan saja, dalam arti akuntabilitas hanya mencakup bagaimana anggaran digunakan. akuntabilitas keuangan hanya menekankan aspek kepatuhan terhadap regulasi di bidang keuangan saja. seiring dengan semangat reformasi orientasi akuntabilitas mengalami perluasan yang tidak terbatas pada aspek kepatuhan saja, tetapi juga menekankan pada aspek ekonomi, efisiensi dan efektifitas. oleh karena seluruh asn harus merubah paradigma kerjanya.

Dalam laporan kegiatan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkulu Utara Ir. Siti Qoriah Rosydiana, menyampaikan bahwa capaian hasil evaluasi Sakip Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2018 meningkat dibandingkan tahun 2017. dimana nilai sakip tahun 2018 adalah sebesar 55,49 (predikat “CC”), meningkat dari tahun 2017 dengan nilai 44,85 (predikat “C”).

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Dr. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si. Dalam arahannya Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi kepada seluruh Perangkat Daerah yang telah berupaya keras untuk melakukan upaya perbaikan dan pihak Kemenpan RB yang telah melakukan pendampingan dan perhatian yang besar bagi Kabupaten Bengkulu Utara dalam upaya perbaikan SAKIP. Selain itu Sekretaris Daerah menghapkan selua Kepala SKPD secara aktif menindaklanjutinya secara nyata setiap rekomendasi baik dari aspek perencanaan kinerja, aspek  pengukuran kinerja, aspek penilaian kinerja, aspek evaluasi kinerja dan aspek capaian kinerja harus terus diperbaiki oleh seluruh SKPD secara konsisten. Kedepan Kabupaten Bengkulu Utara menargetkan agar tahun 2019 ini predikat SAKIP Kabupaten Bengkulu Utara harus meningkat dari predikat “CC” menjadi predikat “B” atau dapat melompat menjadi predikat “BB”.

Narasumber Bimbingan Teknis SAKIP adalah Kamarudin, Ak, M.Sc Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, Dan Pengawasan I Kementerian Pendayagunaan Apartur dan Reformasi Birokrasi dan Puti Rahmawati staf Asdep Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, Dan Pengawasan iI Kementerian Pendayagunaan Apartur dan Reformasi Birokrasi . Dalam penyampaiannya Asisten Deputi mengharapkan adanya leadership dari Kepala SKPD dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja SKPD yang dipimpinnya. Selain itu semua SKPD diharapkan segera memperbaiki  untuk penilaian SAKIP 2019 yang meliputi Renstra Perangkat Daerah, Indikator Kinerja Utama (IKU), Pohon Kinerja, Casecade-Down, Perjanjian Kinerja, dan Rencana Aksi. B-1***

 

Comments are closed.