FOCUSS GROUP DISCUSSSION (FGD) MONITORING DAN EVALUASI KAWASAN KAMPUNG NELAYAN SEJAHTERA (KKNS) DESA SERANGAI KECAMATAN BATIKNAU

FOCUSS GROUP DISCUSSSION (FGD) MONITORING DAN EVALUASI KAWASAN KAMPUNG NELAYAN SEJAHTERA (KKNS) DESA SERANGAI KECAMATAN BATIKNAU
Media-Bappeda. Dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Kawasan Kampung Nelayan Sejahtera (KKNS) di Desa Serangai Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara diadakan Focuss Group Discussion (FGD). FGD dilaksanakan pada tanggal 19 April 2018 bertempat di Ruang Pola Bappeda Kabupaten Bengkulu Utara. Acara dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara yang diwaikili oleh Kepala Bidang Bina Program Masrup, S.STPi, MM dengan narasumber Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bengkulu Drs. Hengki Suprianto, M.T., Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Parpen Siregar, S.TP, M.Si, tenaga ahli KKNS dari Universitas Bengkulu Dr. Panji Suminar, Dr. Chairul Amri, ST, MT, dan Ir. Zamdial Taaladin, M.Si. Acara dihadiri oleh Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.
 
fgd1.jpg
Pembukaan FGD monitoring dan evaluasi KKNS Desa Serangai Kecamatan Batiknau 
 
Dari hasil FGD diketahui bahwa SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara telah bersinergi dalam mendukung pengembangan Program KKNS Desa Serangai Kecamatan Batiknau. Hal ini disebabkan Program KKNS sesuai dengan Misi Keempat Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2016-2021 yaitu membangun ekonomi kerakyatan. Berdasarkan hasil FGD monitoring dan evaluasi, beberapa kegaitan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 adalah pelayanan dan pembinaan Kampung KB oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkulu Utara, pembangunan sarana dan parasarana peningkatan ekonomi pesisir (operasional TPI Serangai) oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara, peningkatan modal usaha bagi UMKM oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkulu Utara, pemberian bantuan bagi disabilitas, penyaluran beras sejahtera, dan monitoring PKH oleh Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara, pelaksanaan pagelaran even Pesisir Marine Festival yang meliputi lomba masak serba ikan, lomba perahu, dan lomba mancing oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara.
 
fgd2.jpg
Peserta FGD monitoring dan evaluasi KKNS Desa Serangai Kecamatan Batiknau
 
Pelaksanaan even Pesisir Marine Festival dilaksanakan secara berkelanjutan dan puncaknya merupakan bagian dari even Visit 2020 Wonderful Bengkulu. Pada tahun anggaran 2019-2021 diharapkan SKPD diharapkan dapat mengalokasikan pengalokasian program/kegiatan kedalam Rencana Kerja (Renja) SKPD di lokasi KKNS Desa Serangai dengan mengacu pada dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) KKNS Desa Serangai. (B.2***)
Jumat, 27 April 2018 - 09:34
http://bappeda.bengkuluutarakab.go.id/berita/view/focuss-group-discusssion.855.html