LainnyaGaleri Foto
Link Website

SINGKRONISASI POKJA MINAPOLITAN BENGKULU UTARA 2016

Kamis, 21 April 2016 - 17:49
SINGKRONISASI POKJA MINAPOLITAN BENGKULU UTARA 2016
Sumber gambar : ekon.go.id
Kebijakan, program dan kegiatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan memerlukan penyesuaian atau perubahan agar dapat memenuhi kebutuhan ekonomi yang lebih fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat. dengan konsep Minapolitan yang sejalan dengan Arahan Umum Pembangunan Nasional dan Arah Kebijakan Pembangunan Kewilayahan dan Pengembangan Kawasan.
 
Konsep Minapolitan dapat didefinisikan sebagai kota perikanan dengan konsep pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis wilayah melalui pendekatan dan sistem manajemen kawasan berprinsip integrasi, efisien, kualitas, akselerasi tinggi.
 
Secara konseptual, Minapolitan terbagi menjadi dua.
 
Pertama, pembangunan sektor kelautan dan perikanan berbasis wilayah. Kewewenangan tiap daerah untuk mengembangkan kawasan pesisirnya sendiri perlu diberi dorongan. Pasalnya, setiap wilayah pesisir di Indonesia memiliki karakteristik masing-masing yang lebih dipahami oleh daerah itu sendiri.
 
Kemudian yang kedua adalah kawasan ekonomi unggulan dengan komoditas utama produk kelautan dan perikanan.
 
Beberapa tujuan dari konsep Minapolitan memiliki tiga sasaran. Ketiga sasaran utama konsep Minapolitan ini, yang pertama adalah penguatan ekonomi rumah tangga masyarakat kelautan dan perikanan skala kecil. Kedua, usaha kelautan kelas menengah ke atas. Kemudian yang ketiga adalah sektor kelutan-perikanan menjadi penggerak ekonomi nasional.
 
Berkaitan dengan hal tersebut  Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. Mian pada tanggal 20 april 2016  Pimpin langsung rapat pokja minapolitan demi percepatan kawasan pembangunan budidaya perikanan dan kelautan yg sangat baik potensial di BU pada
 
kesempatan tersebut bupati bengkulu utara menyamapikan  bukan hanya ingin mempertahankan, namun ingin meningkatkan status BU sebagai salah satu daerah terbaik dalam pengembangan ikan budidaya alias minapolitan di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, tahun ini Pemda BU mengucurkan dana Rp 1,3 miliar untuk 21 kelompok budidaya ikan (Pokdakan) di wilayah BU.
 
Selain itu bupati bengkulu utara ir. Mian menjelaskan usaha budidaya ikan kolam di BU sangat berkembang pesat. Saat ini, ikan yang dihasilkan di kawasan Minapolitan Kecamatan Padang Jaya mencapai 20.5 ton per hari. Namun ia menilai dengan jumlah panen yang begitu besar, maka petani ikan juga membutuhkan pakan yang juga besar.
 
“Makanya saya minta Pokja ini merencanakan program lanjutan untuk mengimbangi hasil panen ikan warga ini. Kita harus bisa mendirikan pabrik pakan ikan, karena sangat bersinergi dengan kebutuhan petani,” jelas Mian.
 
Saat ini, wilayah Minapolitan Kecamatan Padang Jaya membutuhkan 964 ton pakan ikan per tahun. Itu belum termasuk kolam-kolam ikan warga diluar wilayah Minapolitan.
 
“Kalau sudah berdiri pabrik pakan ikan, maka petani ikan akan jauh terbantu. Pengeluaran petani juga semakin sedikit dan bisa meningkatkan kesejahteraan Petani ikan,” jelas Mian.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  Agus Haryanto, SE, MM mengatakan Pemda BU sudah mengalokasikan beberapa bantuan, selain modal untuk meringankan beban petani ikan kolam. Salah satunya adalah menyerahkan mesin pembuat pakan ikan. “Ini sangat membantu peternak ikan, dan kami masih berusaha untuk menambah jumlahnya agar semua petani ikan kolam bisa terbantu dan menekan pengeluaran dalam sekali panen,” jelas Agus.
 
Ia juga menerangkan sejak berdirinya kawasan Minapolitan, produksi ikan di BU jauh meningkat sebanyak 20.5 ton per hari. “Kami optimis tahun ini jumlah ikan yang dikeluarkan per hari meningkat pesat dengan dukungan program dan bantuan dari kita selaku pemerintah,” ungkap Agus.
Komentar
Berita Terkaitrss

PENYERAHAN HADIAH LOMBA FOTO DAN VIDEO "Jelajah Bengkulu Utara" 2017

17 Okt 2017 - 15:15Pada Hari minggu tanggal 15 Oktober 2017 bertempat di Alun-alun Rajo Malim Paduko, Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara telah dilaksanakan acara pengumuman sekaligus penyerahan hadiah lomba...


PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA FOTO DAN VIDEO "Jelajah Bengkulu Utara"

14 Okt 2017 - 14:21PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA FOTO DAN VIDEO "Jelajah Bengkulu Utara"


Lomba Foto dan Video Potensi Kabupaten Bengkulu Utara 2017 "Jelajah Bengkulu Utara"

10 Sep 2017 - 15:38Lomba Foto dan Video "Jelajah Bengkulu Utara" 2017


NOTA KESEPAHAMAN KEMENTERIAN KESEHATAN DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA 2016

12 Mei 2016 - 18:18Bupati Bengkulu Utara Melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Kementerian Kesehatan Dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara . by ilyas


SENSUS EKONOMI 2016 DI BENGKULU UTARA

02 Mei 2016 - 18:101 Mei 2016 dilaksanakan Pencacahan Perdana Sensus Ekonomi 2016 Di Kediaman Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara. by ilyas


Berita UtamaLainnyarss

PENYERAHAN HADIAH LOMBA FOTO DAN VIDEO "Jelajah Bengkulu Utara" 2017

17 Okt 2017 - 15:15Pada Hari minggu tanggal 15 Oktober 2017 bertempat di Alun-alun Rajo Malim Paduko, Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara telah dilaksanakan acara pengumuman sekaligus penyerahan hadiah lomba...