LainnyaGaleri Foto
Link Website

Siapkan Rencana Pembangunan Tahun 2014, Bappeda Laksanakan Musrenbang RKPD

Selasa, 09 April 2013 - 10:21
Siapkan Rencana Pembangunan Tahun 2014, Bappeda Laksanakan Musrenbang RKPD
Sumber gambar : bappeda.bengkuluutarakab.go.id

Pemerintah Daerah Bengkulu Utara, melalui Bappeda, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk tahun 2014. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut dihelat di Aula Unras Arga Makmur. Mengingat pentingnya acara tersebut, Bapak Bupati Bengkulu Utara langsung menghadiri acara ini.

Ditemui sebelum acara, Kepala Bappeda, Drs. Kisro Zanito, MM, melalui sekretaris Bappeda (Nazarudin. T, S.Pd) selaku ketua panitia mengatakan bahwa Musrenbang RKPD ini merupakan tahapan perencanaan setelah musrenbang desa dan musrenbang kecamatan, “Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkulu Utara untuk tahun 2014, tahapan ini merupakan rangkaian dari musrenbang desa dan musrenbang kecamatan, yang sesuai dengan amanat UU No. 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Nasional. ” papar Nazarudin.

Selain bapak bupati, turut hadir dalam musrenbang ini Asisten II Provinsi Bengkulu,     Ir. M Nashyah MT, mewakili Gubernur Bengkulu. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa ada beberapa program prioritas pembangunan daerah Bengkulu Utara yang akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Bengkulu untuk tahun 2014, “Prioritas pembangunan daerah Bengkulu tahun 2014 adalah perekonomian rakyat dan iklim investasi, sumber daya manusia, kesejahteraan rakyat dan penanggulangan kemiskinan, revitalisasi pertanian dan ketahanan pangan, infrastruktur dasar, sumber daya alam, lingkungan hidup dan mitigasi bencana, pariwisata, kebudayaan, kreativitas dan inovasi teknologi serta pemerintahan, hukum dan ketertiban umum” ungkap Nashyah.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara, Dr. Ir. HM. Imron Rosyadi, MM,M.Si, dalam sambutannya menyatakan bahwa makna lain musrenbang ini adalah untuk membangun kesepakatan dan komitmen sebagai landasan dalam perencanaan pembangunan daerah, “Nilai yang tak kalah pentingnya dari pelaksanaan musrenbang RKPD pada hari ini adalah bahwa musrenbang merupakan wahana untuk membangun kesepakatan dan memperbaharui komitmen serta menjadikannya sebagai landasan utama dalam perencanaan pembangunan daerah, baik itu dari unsur pemerintah daerah, DPRD, maupun masyarakat, karena tanpa adanya kesepakatan dan komitmen yang kuat, maka perencanaan dan pelaksanaan pembangunan tidak akan dapat berlangsung secara optimal,” ungkap Imron Rosyadi.

Lebih jauh bapak bupati mengungkapkan ada beberapa isu permasalahan yang dihadapi Kabupaten Bengkulu Utara yang perlu  mendapat perhatian yakni sektor pengembangan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan, “Ada beberapa isu penting yang perlu mendapat perhatian untuk penyusunan prioritas Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2014,  yaitu sektor pengembangan infrastruktur bidang pendidikan dan kesehatan yang masih kurang memadai dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama infrastruktur sekolah dasar dan infrastruktur puskesmas dan jaringannya, dan yang tak kalah penting adalah masalah pengentasan kemiskinan,”lanjut Imron Rosyadi.

Komentar
Kegiatan Terkaitrss

RKPD 2016

29 Sep 2015 - 10:32Perencanaan pembangunan yang berkualitas menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan baik dalam skala nasional maupun daerah.(By Anton)


SekretariatLainnyarss

PUPNS 2015

01 Jun 2015 - 10:33Surat Edaran Bupati Bengkulu Utara Nomor : 800/0678/BKPPD/II/2015 tgl 02 Agustus 2015 e-PUPNS maka proses pendaftaran dilakukan melalui http://pupns.bkn.go.id.. By. ilyas